Home » » Perkembangan Film Indonesia Terbaru

Perkembangan Film Indonesia Terbaru

Film Indonesia Terbaru

Dewasa ini, film Indonesia terbaru mengalami banyak kemajuan. Tak melulu mengeksploitasi hantu dengan tampilan yang kurang mendidik, namun juga film Indonesia terbaru jenis lain. Beragam jenis film Indonesia terbaru tersebut membuat penonton memiliki banyak pilihan. Sekalipun jumlah film hantu dengan tampilan kurang sopan masih banyak beredar, namun jumlahnya tak sebanyak dulu karena kini mereka harus berbagi dengan film Indonesia terbaru dari genre lain. Mari kita lihat kembali film Indonesia terbaru dari beragam genre pun dengan perkembangannya.

Film Indonesia Terbaru - Film Remaja

Dimulai dari munculnya film Ada Apa Dengan Cinta. Sebelumnya, film Indonesia sempat mengalami mati suri. Bioskop-bioskop di Indonesia waktu itu lebih banyak memasang film luar negeri karena peminatnya memang jauh lebih banyak. 
Ada Apa Dengan Cinta atau lebih dikenal dengan AADC menggebrak dunia perfilman nasional waktu itu. Bisa dibilang AADC adalah pelopor bangkitnya film Indonesia terbaru setelah era tahun 80-an. Pasca AADC, film- film sejenis bermunculan.
Setelah AADC, film remaja yang juga booming adalah Eifel I’m in Love. Film tersebut melambungkan nama Samuel Rizal dan Shandy Aulia sebagai pemeran utamanya. Setelah film tersebut, hingga kini puluhan judul film remaja menghiasi layar bioskop.

Film Indonesia Terbaru - Film Perjuangan dalam Meraih Mimpi

Novel Laskar Pelangi mungkin tak banyak orang yang membaca dan tahu, namun film Laskar Pelangi, hampir semua orang tahu. Berbeda dengan genre sebelumnya yang mengusung tema cinta, film ini mengangkat tema tentang perjuangan dalam meraih mimpi di tengah keterbatasan fasilitas.
Film Laskar pelangi mengawali berkembangnya film Indonesia terbaru bertema perjuangan dan kekuatan tekad dalam meraih mimpi. Di tengah banyak anak muda yang galau karena merasa tak bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan, di tengah rapuhnya banyak remaja, film tersebut hadir untuk memberikan kekuatan kepada mereka akan arti perjuangan.
Sama seperti sebelumnya, setelah film Laskar Pelangi booming, selanjutnya disusul film-film dengan tema sejenis. Sebut saja, Lima Menara, yang baru-baru ini difilmkan. Ada juga 5 CM, yang intinya juga serupa. Sisi positif dari banyaknya film Indonesia terbaru bergenre tersebut adalah mengubah pola pikir remaja ababil yang sedikit-sedikit galau menjadi remaja tangguh dan berkepribadian.

Film Indonesia Terbaru - Film Perjuangan Nasional

Dulu, film perjuangan nasional yang menceritakan bagaimana bangsa Indonesia merebut kemerdekaannya adalah film yang sering dijumpai oleh nenek/orang tua kita. Setelah era tersebut berakhir, film perjuangan nasional seperti ikut mati. Namun, baru-baru ini film bertema perjuangan mulai mengisi layar bioskop. Film Indonesia terbaru yang sifatnya heroik tersebut seolah ingin menampar dan menyadarkan kepada kita akan susahnya perjuangan para pahlawan kita pada masa itu sehingga sebagai generasi penerus, kita diimbau untuk memiliki ketangguhan seperti para pahlawan saat itu.

Film Indonesia Terbaru - Film Islami

Film Indonesia terbaru berikutnya adalah film-film bergenre Islami. Diawali dengan Ayat-Ayat Cinta yang kehadirannya ibarat oase di padang pasir. Kemudian berlanjut pada film-film sejenis, seperti Ketika Cinta Bertasbih, Dalam Mihrab Cinta, Cinta Suci Zahrana, dll. Film Indonesia terbaru bergenre Islam tersebut memberikan sentuhan tersendiri di tengah banyaknya film-film yang mempertotonkan aurat. Peminatnya juga cukup banyak, mungkin karena masyarakat sudah jenuh dengan film-film yang berpengaruh negatif pada kehidupan.

Film Indonesia Terbaru - Film Anak-anak

Petualangan Sherina, adalah film Indonesia terbaru bergenre anak-anak. Film ini booming saat itu, tak hanya filmnya bahkan, namun juga semua lagu-lagu yang turut mewarnai film tersebut. Film Petualangan Sherina memengaruhi sineas muda untuk membuat film-film sejenis yang pada intinya menceritakan kehidupan anak-anak.
Memang, hiburan untuk anak-anak dirasa sangat kurang saat ini. Adanya film Indonesia terbaru bergenre anak-anak tersebut membuat kehausan anak-anak Indonesia akan film yang sesuai dengan umurnya terpenuhi.

Film Indonesia Terbaru - Film Kontroversial

Selain film Indonesia terbaru yang sifatnya normal atau tidak menimbulkan protes, ada juga beberapa film Indonesia terbaru yang sedikit kontroversial, bahkan ada yang tidak boleh ditayangkan. Film Indonesia terbaru yang menuai protes tersebut di antaranya adalah Perempuan Berkalung Sorban yang dianggap menghina pesantren, Sang Pencerah yang dianggap menyinggung kelompok tertentu, dan beberapa film lainnya yang dianggap berbahaya. Ada juga film yang benar-benar dilarang untuk tayang di bioskop, yaitu film ? karena dianggap sangat sensitif.

Film Indonesia Terbaru - Film Action

Dulu, film action  bisa kita lihat dari film-film yang dimainkan oleh Barry Prima, Willy Dozan, dan aktor laga lainnya. Meskipun sempat tenggelam, saat ini kita bisa menikmati film Indonesia terbaru yang bergenre action. Sebut saja Iko Uwais yang kini namanya mulai melambung untuk film-film Indonesia terbaru bergenre laga.

Film Indonesia Terbaru - Film Keluarga

Film keluarga merupakan salah satu genre film yang jumlahnya masih sedikit. Film keluarga menceritakan tentang kehidupan keluarga bersama dengan pernak-perniknya. Namanya juga film keluarga, maka film ini memang diperuntukkan bagi semua keluarga di Indonesia untuk mengharmoniskan hubungan mereka. Contoh film Indonesia terbaru bergenre keluarga yang sudah diputar adalah film Hafalan Shalat Delisa yang menceritakan tentang kasih sayang antara saudara dan orang tua.

Film Indonesia Terbaru - Film yang Mengangkat Daerah Tertentu

Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya. Hal tersebut dimanfaatkan oleh film maker dalam membuat film dengan genre kedaerahaan. Sebut saja misalnya film yang dibintangi oleh Matias Muchus yang mengangkat masalah bajing loncat yang ada di daerah Sumatera Selatan atau film Ronggeng Dukuh Paruk yang menceritakan tentang Srinthil, sang Ronggeng yang orang Jawa. Film Indonesia terbaru dengan genre lokalitas tertentu juga diminati oleh para penonton karena ciri khasnya yang tentu akan sangat berbeda dengan film pada umumnya.
Bila kita cermat, film-film Indonesia terbaru saat ini memang lebih banyak diadaptasi dari novel yang lebih dulu best seller. Meski ada pihak yang mengatakan, lebih bagus novelnya daripada filmnya, namun tetap saja film adaptasi tersebut juga digandrungi banyak penonton.
Untuk membuat film yang sama persis dengan novelnya tentu tidak mudah membalikkan telapak tangan. Ada beberapa keterbatasan, di antaranya waktu dan budget. Seharusnya, penonton yang cerdas tahu akan hal itu.

Banyaknya genre film Indonesia terbaru semakin memudahkan penonton untuk memilih film mana yang akan ditonton. Perkembangan film Indonesia terbaru juga mulai bertambah kuantitasnya. Seharusnya, kini para sineas tak hanya boleh memikirkan kuantitas saja, namun juga kualitas. Membuat film-film yang mendidik tentu akan menjadi nilai tambah bagi para penonton mengingat sebagian besar di antara kita meniru dari apa yang sering ditonton.

Perkembangan film Indonesia terbaru nampaknya menuju arah yang positif. Semua itu bisa dilihat dari beberapa macam sisi, di antaranya genre yang beragam, lokasi syuting yang tak hanya melulu di dalam negeri, adaptasi dari novel best seller yang setidaknya sudah menarik beberapa pangsa pasar, serta ditunjang dengan akting yang masih fresh.
Walau masih belum bisa dikatakan sangat bagus, namun setidaknya arah perkembangan film Indonesia terbaru sudah menuju ke hal yang positif. Kita berusaha saja agar suatu ketika nanti, film Indonesia bisa setara dengan film-film Hollywood. Semua itu adalah proses. Tak ada salahnya demi kelancaran proses tersebut, kita sebagai penonton dan penikmat ikut serta mensupport dengan tak hanya menonton film luar, namun juga film Indonesia terbaru yang mendidik.

Anda Juga Bisa Menyaksikan Review judul judul Film Indonesia Terbaru Disini
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Film Indonesia Terbaru - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger